Perencanaan Keuangan Pendapatan Adsense

Bagaimana melakukan perencanaan keuangan dari hasil pendapatan Adsense khususnya maupun pendapatan internet lainnya? Berikut tips sederhana yang mungkin bisa membantu anda dalam melakukan perencanaan keuangan keluarga, baik yang masih lajang maupun yang sudah berkeluarga.


Seperti pendapatan lainnya, penghasilan dari adsense perlu kita kelola sebijak mungkin. Sebagai ilustrasi misal kita mendapatkan penghasilan dari adsense $1000 per bulan. Dari pendapatan tersebut tentunya akan kita pakai untuk kebutuhan sehari-hari dan biaya untuk menjalankan pekerjaan kita sebagai publisher misal untuk tagihan internet, domain, hosting dll, misal untuk itu menghabiskan $400 per bulan. Berarti masih ada sisa $600 per bulan yang bisa kita kelola dengan bijak. Coba anda alokasikan dana tersebut untuk tujuan jangka pendek, menengah, dan jangka panjang.

Untuk jangka pendek hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga misal untuk keperluan darurat misal sakit ringan atau perbaikan kendaraan. Idealnya bisa anda patok 2 kali pendapatan per bulan. Untuk jangka menengah misalnya untuk berjaga-jaga misal anda terkena masalah yang menyebabkan berhentinya anda mendapatkan penghasilan bulanan dari adsense, misal ke banned, atau kena pinalti di search engine. Anda bisa anggarkan 5 sd 12 kali pendapatan bulanan anda. Hal ini dilakukan misal anda sampai harus mulai lagi dari nol lagi anda masih mempunyai anggaran untuk mencukupi kebutuhan bulanan tanpa harus mengganggu dana yang ditujukan untuk jangka panjang.

Jika dana untuk keperluan jangka pendek dan jangka menengah sudah terpenuhi, anda dapat merencanakan mengalokasikan dana untuk jangka panjang. Misalnya kita menginginkan mobil, rumah, asuransi, naik haji maupun pensiun. Anda bisa menempatkan dana anda pada investasi yang tepat, misal kita tempatkan di deposito, emas, tanah, asuransi unit link atau reksadana. Anda bisa memilih sesuai selera, kebutuhan, kemampuan dan tingkat keuntungan.

Ok, semoga tips perencanaan keuangan ini dapat bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan komen, jangan nyepam, asal sopan, pasti tak publish, enjoy aja ...

Baca juga ya yang ini: